Happy Reading Starbucks Strawberries & Crème Frappuccino

Senin, 11 Mei 2020

PENGALAMAN MENGGUNAKAN INTERNET

PENGALAMAN PRIBADI MEMANFAATKAN DAN MENGGUNAKAN INTERNET
 

Animated Internet Safety Clipart

 
    Perkembangan dunia teknologi semakin meningkat dari masa ke masa, mulai dari penemuan mesin untuk membantu manusia meringankan pekerjaannya sampai media komunikasi demi memudahkan seseorang melakukan komunikasi kepada antar manusia apabila dalam jarak jauh. Pada era milenial ini banyaknya teknologi yang diluncurkan demi memudahkan manusia dalam segala bentuk apapun yakni Internet. Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai salah satu akses untuk seseorang melakukan komunikasi, media edukasi, mencari informasi dan sebagainya. Internet tidak memiliki wujud pasti dalam dunia nyata, karena internet diciptakan berupa jaringan yang menghubungkan ke dalam media massa didalam komputer atau gawai untuk mengakses aplikasi atau media massa lainnya.
    Pada sebagaian negara internet disediakan secara percuma, hal ini disediakan untuk memudahkan masyarakatnya tetap berhubungan dengan seseorang selain itu untuk melakukan hal apapun tanpa adanya batasan. Internet disajikan dengan beberapa media seperti wifi dan internet provider, keduanya memiliki kuantitas yang berbeda untuk mengakses internet. Hal ini dilihat dari penyesuaian pengguna serta wilayah yang digunakan. Wifi dapat dipasang dan digunakan pada wilayah yang ditentukan saja, biasanya kuantitas yang disediakan wifi tak terbatas hanya saja kecepatan yang diberikan serta kapasitas penggunanya. Kemudian apabila provider memiliki keterbatasan kuantitas yang diberikan oleh masing-masing provider, hal ini disebut dengan kuota. Kuota ini disediakan oleh berbagai perusahaan provider dengan berbagai pilihan dengan harga yang berbeda pula. Maka semakin banyak kuantitas kuota, maka semakin mahal pula harganya yang ditawarkan. Beberapa tempat di Indonesia juga menyediakan layanan internet gratis seperti di stasiun, terminal kota, gedung sekolahan atau kampus, serta beberapa kawasan tempat makan atau hiburan lainnya. Penggunaannya cukup mudah dengan mengikuti anjuran yang disarankan atau menggunakan kata sandi tertentu untuk mengaksesnya. Tetapi tidak semua orang dapat mengaksesnya, seperti di perpustakaan nasional, gedung sekolah dan universitas hanya mereka yang memiliki anggota atau menjadi salah satu bagian dari mereka yang dapat mengaksesnya.
    Internet menjadi suatu kebutuhan seseorang, karena dengan internet manusia menjadi lebih mudah mengatasi masalah atau pekerjaan yang sedang dilakukannya. Berdasarkan pengalaman pribadi dalam penggunaan internet memberikan kemudahan bagi seseorang untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus pergi langsung ketempat, mengeluarkan banyak biaya, mengeluarkan tenaga banyak demi mendapatkan keinginan. Penggunaan internet sudah mendunia yang mengakibatkan seseorang menjadi ketergantungan oleh penggunaan internet. Internet membantu pekerjaan manusia mulai dari sektor perekonomian, komunikasi, informasi, pendidikan dan social networking.  
    Penggunaan internet sangat mudah saat ini, hanya bermodal komputer atau gawai, jaringan, kuota/wifi, dan aplikasi pendukung seperti Google seseorang dapat mengakses dunia internet yang luas. Seperti halnya dalam ekonomi, komunikasi, informasi, pendidikan dan social networking. Contoh pengalaman menggunakan internet sektor ekonomi dapat memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya saya dapat melakukan pembelian barang menggunakan internet tanpa harus pergi keluar rumah. Hanya melalui aplikasi atau situs belanja daring, seseorang bisa langsung memilih apa yang dibutuhkannya dengan sentuhan. Pada aplikasi tersebut ditampilkan gambar pilihan yang dicari oleh seseorang tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu dalam sektor ekonomi, internet memudahkan seseorang dalam melakukan transaksi untuk membayar, membeli, mengirim uang dan sebagainya.




 (Gambar 1.1 Shopee salah satu aplikasi belanja daring dan OVO salah satu aplikasi penyimpanan uang digital)

    Kemudian internet memudahkan seseorang dalam sektor komunikasi, dimana seseorang dapat melakukan komunikasi melalui pesan digital, telfon serta seseorang dapat melakukan panggilan telfon berupa video atau video call. Internet memudahkan seseorang selalu berhubungan dengan siapapun dan kapanpun tanpa adanya batasan. Selain itu seseorang dapat melakukan pengiriman dokumen, video dan gambar berupa digital dengan mudah. Hanya dengan mengunduh dan mengunggah file yang dikirim atau diterima.



                 (Gambar 1.2 Video call salah satu panggilan video, Line salah satu aplikasi pesan digital, Gmail salah satu media pengirim dokumen)

    Biasanya pemerolehan informasi didapatkan melalui media televisi atau koran demi mengetahui informasi perkembangan dunia. Namun setelah internet dimunculkan pemerolehan informasi tidak hanya melalui televisi saja, melalui gawai atau komputer sudah bisa menonton berita dan membaca koran digital dari berbagai portal berita digital. Hal ini memudahkan seseorang dalam mendapatkan informasi mulai dari perkembangan dunia, bencana alam, sampai informasi mengenai lowongan pekerjaan.





(Gambar 1.3 Kompas.com salah satu media portal berita digital)

    Pendidikan biasanya diperoleh dari sekolah dengan melakukan sistem kegiatan belajar mengajar melalui tatap muka. Internet memberikan kemudahan pada sektor edukasi, agar seseorang dalam mendapatkan ilmu pendidikan diluar dari sekolah, mulai dari situs media pembelajaran, blog atau situs perorangan yang memberikan pengetahuan-pengetahuan mengenai berbagai macam bidang pengetahuan, serta media diskusi untuk melakukan sistem pembelajaran melalui forum online.



 
(Gambar 1.4 Google Class Room salah satu media forum pembelajaran antara siswa dengan guru, Ruang guru salag satu media bimbel online)

    Selanjutnya internet memberikan akses kemudahan pada social networking dimana seseorang bebas melakukan ekspresi dengan mengunggah gambar dirinya atau memberikan informasi mengenai apa yang dirinya ketahui. Tak hanya itu melalui media ini, kebanyakkan orang menggunakannya untuk menunjukkan informasi pribadinya agar semua orang dapat mengenali dirinya. Kemudahan tersebut membuat seseorang lebih banyak dikenal orang lain dan memiliki banyak teman dari berbagai macam negara, daerah, suku, keyakinan serta dengan lawan jenis.





(Gambar 1.5 Instagram, Twitter, Facebook salah satu media social networking)

    Berdasarkan hal tersebut internet memudahkan seseorang dalam melakukan kegiatannya mulai dari perekonomian sampai bersosialisasi dengan berteman melalui media sosial. Internet memiliki nilai positif dalam membantu meringankan beberapa sektor kebutuhan manusia. Namun internet tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya hubungan peran sosial individu dalam penggunaan dan pemanfaatan internet. Mengapa demikian, karena baik atau buruknya suatu pengelolaan internet mulai dari penyampaian informasi, melakukan komunikasi, pertemanan melalui media massa dan sebagainya tergantung pada peran sosial individu tersebut. Peran sosial sangat penting dalam penggunaan internet, penggunaan yang positif apabila penggunaan sesuai dengan prosedur yang dilakukan oleh pengguna. Misalnya media Instagram difungsikan sebagai media penampung ekspresi seseorang untuk melakukan pengunggahan foto maupun video menyimpan kenangan seseorang yang dapat dilihat tanpa adanya pengurangan kualitas gambar setiap tahunnya. Selain itu Intagram dapat dijadikan media mata pencaharian dengan apa yang diberikan oleh seseorang tersebut agar menghasilkan uang dan memberikan simbiosis mutualisme bagi para pengikutnya. Namun apabila penggunaan aplikasi Intagram sebagai bentuk provokasi, menyebarkan gambar tidak senonoh, serta sebagai media yang melakukan transaksi gelap seperti jual beli seseorang dan sebagainya.
    Kejahatan internet atau cyber bulying terjadi karena adanya penggunaan internet yang menyimpang. Hal ini akan berdapak pada kesehatan mental korban kejahatan tersebut, banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan internet sebagai media penyimpangan sosial. Maka pentingnya peran sosial sebagaimana seseorang harus menggunakan internet dengan sebagaimana mestinya. Terciptanya Undang-Undang ITE untuk meminimalisir tindakan penyimpangan yang dilakukan atas dasar kesengajaan.
    Maka dari itu bagi seluruh pengguna internet diharapkan melakukan pertanggung jawaban atas apa yang disampaikan demi terciptanya penggunaan internet yang sebagaimana mestinya. Internet memudahkan semua orang untuk melakukan kebutuhan apapun, namun apabila penggunaannya salah maka internet akan menjadi monster bagi sebagian orang.

0 komentar:

Posting Komentar