Happy Reading Starbucks Strawberries & Crème Frappuccino

Minggu, 21 Agustus 2016

Teh Hijau dan Matcha? Apa sih Perbedaannya?

PERBEDAAN TEH HIJAU DAN MATCHA



Mungkin, kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata Teh Hijau (Green Tea) atau Matcha. tapi sebagian orang terkadang masih bingung dan mempertanyakan "Apasih bedanya Matcha dan Teh Hijau/Green tea?" buat kamu yang masih bingung antara Matcha dan Teh Hijau yuk! kita simak, 5 perbedaan antara Teh hijau dan Matcha berikut ini :

1) Perbedaan Cara Pembuatannya 

Teh Hijau (Green Tea) dibuat dari proses pengeringan Teh Hijau dan kemudian di Panggang untuk proses pengawetan dan dikemas dengan kemasan berupa kantung teh atau teh celup. Tetapi berbeda dengan Matcha, Matcha dibuat dari teh yang sudah dikeringkan dan di tumbuk halus, Sehingga teksturnya berbentuk bubuk halus dan biasanya dikemas dengan bungkusan sachet yang langsung diseduh dan diaduk hingga merata kemudian dapat langsung diminum tanpa membuang kantung teh karena matcha berbentuk bubuk halus seperti kopi bubuk.

2) Perbedaan Cara Mengkonsumsi 

Pada teh hijau proses mengkonsumsinya dengan cara menyeduh di dalam secangkir gelas atau di teko air. Lalu setelah selasai menyeduh, Kantung Teh hijau dalam bentuk kemasan celup dibuang. Sementara pada Matcha, karena terksturnya berbentuk bubuk halus maka bisa dapat langsung di aduk dengan air panas dan  banyak digunakan untuk campuran Kue, Puding, Donat, Es cream, serta Minuman seperti campuran Latte dan Coklat . 




3) Perbedaan Warna

Warna Matcha dan Teh Hijau Berbeda. Matcha cenderung bewarna hijau dan kental sementara Teh hijau bewarna kuning kehijauan yang lebih bening.

4) Perbedaan Manfaat 

Matcha mengandung Kafein, Polifenol, dan Antioksidan yang lebih tinggi dan L-Theanine lebih banyak daripada Teh Hijau. Oleh karena itu Peneliti menyatakan bahwa Matcha memiliki kemampuan membakar lemak lebih tinggi daripada Teh Hijau, untuk kamu yang sedang diet sangat cocok untuk mengkonsumsi Matcha ini. Selain itu Matcha dapat mencegah kanker dan meningkatkan konsentrasi.

5) Perbedaan Rasa 

Siapa bilang rasa Teh hijau dan Matcha sama? hmm.. mungkin dari perbedaan rasa ini kamu bisa lebih jelas membedakan antara Matcha dan Teh hijau bila sudah dijadikan beberapa produk makanan atau minuman karena banyak sekali produk yang menuliskan rasa Greentea pada makanan atau minuman hasil produksinya tetapi kebanyakan memiliki rasa Matcha yang begitu jelas, itu menyebabkan banyak orang yang masih membingungkan antara perbedaan Teh Hijau dan Matcha. tetapi Bila kamu sudah mengenali rasa sesungguhnya maka kamu tidak perlu bingung lagi. ingat! Bila kamu merasakan rasa yang lebih Creamy maka itu adalah Matcha. Tapi jika kamu merasakan rasa yang lebih segar nah! itu Teh Hijau.

          














    Gimana? sudah ada gambaran tentang Perbedaannya? cukup jelas bukan? Dulu, Saya pribadi Juga sempat bingung antara bedanya Matcha dan Teh hijau, saya kira teh hijau dan matcha sama tetapi ternyata berbeda :D saya mulai mengetahui rasa Matcha lebih Creamy dan khas, dan itu berbeda sekali dengan rasa teh hijau. sekarang saya merupakan salah satu penggemar matcha. dan saya menulis artikel ini untuk berbagi informasi kepada teman-teman yang dulunya sama seperti saya, tidak tau perbedaan apa itu matcha dan teh hijau. Sekian dari saya.
      Semoga Artikel ini dapat membantu :)

2 komentar: