Happy Reading Starbucks Strawberries & Crème Frappuccino

Selasa, 12 Maret 2019

4 CARA INI DAPAT MEMPERMUDAH PEKERJAANMU DENGAN MICROSOFT WORD


Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah data yang sangat diandalkan oleh Microsoft. Microsoft Word merupakan keterampilan tingkat dasar yang harus dikuasai dan paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Oleh karena itu, penggunaan software Microsoft Word menjadi pilihan tepat bagi banyak kalangan untuk mempermudah pembuatan berbagai dokumen . dalam pembuatan dokumen tentunya kita menginginkan pembuatan yang se-efisien mungkin dalam penggunaannya. Dengan pembuatan dokumen yang se-efisien mungkin maka akan mempersingkat waktu dan pekerjaanpun akan terasa lebih mudah. Banyak fitur-fitur yang telah disediakan Microsoft Word, dimana fitur-fitur tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kali ini saya akan membahas fitur-fitur tertentu beserta cara penggunaannya yang terlihat spele, namun cara dasar ini sangat bermanfaat dalam pembuatan dokumen untuk mencapai efesiensi dalam penggunaannya. Berikut adalah 4 cara dasar penggunaan fitur Microsoft Word yang membuat pekerjaanmu terasa mudah.


1.      Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Tabel Word

Yang pertama paling umum adalah, membuat nomor urut otomatis pada Table Word tanpa harus mengetikan nomor satu persatu. Umumnya pengguna Microsoft Word dalam pembuatan sebuah table cenderung mengetikan nomor urut secara manual pada table tersebut. Berbeda halnya pada Microsofot Excel yang notabenenya adalah aplikasi pengolahan angka ini terdapat nomor urut yang otomatis. Oleh karena itu, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat nomor urut otomatis pada Microsoft Word kepada anda untuk memudahkan pekerjaan anda tentunya. Berikut adalah cara menggunakannya :

·         Pertama-tama anda membuat table terlebih dahulu. Kemudian blok kolom yang akan anda isi dengan nomor urut. Seperti berikut ini.


·         Setelah mem-blok kolom nomor urut yang anda inginkan untuk menjadi otomatis. Klik menu Home kemudian klik numbering, dan pilih jenis number apa yang anda inginkan.

·         Setelah sudah menentukan jenis number apa yang akan dipakai di kolom nomor urut, klik jenis number tersebut, maka nomor urut otomatisnya akan muncul secara otomatis seperti gambar dibawah ini.


        Jika ingin menambahkan nomor dibawahnya, anda dapat klik tab pada keyboard hingga ke kolom nomor urut, maka nomor urut selanjutnya akan tertulis secara otomatis. Bahkan hingga nomor urut ke 1000 pun tak masalah. Anda tak perlu pusing mengetik manual satu persatu. 





2.      Mengulang Header Tabel pada Halaman Berikutnya
Jika anda mengerjakan table yang panjang, maka akan membutuhkan beberapa halaman. Biasanya pembuatan table hanya terdapat satu header dihalaman pertama, namun bila seperti itu, apabila seseorang membaca table dihalaman berikutnya tidak dilengkapi dengan keterangan judul, pembaca akan lupa dan merasa bingung. oleh sebab itu, perlu untuk menambahkan table header disetiap halamannya. Bila dibuat dengan manual tentunya akan sangat repot dan menguras waktu dan tenaga. Berikut cara agar table header muncul dihalaman berikutnya secara otomatis: 

·         Buat Table terlebih dahulu, blok Header Tabel.


·         Setelah diblok, kemudian klik kanan lalu diklik Table Properties.


  Setelah klik Table Properties, Klik Row


·         Setelah klik Row, dibagian Options, Ceklis dibagian Repeat as header…


·         Klik Ok, dan Header Tabel pun akan terulang secara otomatis dihalaman-halaman berikutnya.                      







3.      Membuat Nomor Halaman Pertama dibawah & Halaman Berikutnya diatas
Penomoran halaman seperti ini biasanya kita temui ketika ingin menuliskan nomor halaman pada awal BAB Skripsi, Thesis, Laporan atau dokumen lainnya, yang letaknya pada bagian bawah halaman sementara halaman selanjutnya terletak pada bagian sudut kanan atas halaman. Berikut adalah caranya:

·  Klik menu Insert, lalu klik Page Number.
    


· Setelah klik Page Number, lalu pilih Top of page, dan klik Plain Number 3.                                     


·         Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.


·         Kemudian klik Different First Page di menu Design.

·         Setelah di klik, maka halaman pertama tidak terdapat number page (kosong) , kemudian klik menu Insert, lalu pilih Page Number, setelah itu pilih Bottom of Page, lalu klik Plain Number 2.




·         Setelah klik Plain Number 2 di halaman pertama maka nomor halaman pertama akan berada di bawah tengah, dan halaman selanjutnya berada di sebelah kanan atas, seperti gambar dibawah ini.






4.      Membagi Satu Lembar Kerja Menjadi 2 Bagian
Dengan membagi lembar kerja menjadi 2 bagian maka dokumen yang kita buat akan lebih terlihat rapih dan ketika diprint sesuai keinginan. Maka jika kita membaca Koran, halaman Koran selalu terbagi menjadi 2 bagian, hal ini berguna agar isi atau text mudah dibaca tanpa perlu memerlukan banyak kertas, serta informasi yang diberikan akan lebih maksimal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

·         Buatlah dokumen atau text sesuai keinginan terlebih dahulu, setelah itu klik menu Page layout, lalu klik Colums.

·         Setelah klik Colums, arahkan kursor di awal kalimat yang ingin dibagi menjadi dua, lalu klik More Colums yang terletak paling bawah.

·         Setelah mengklik More Costums, dibagian presets klik Two.

·         Dibagian ‘Apply to:’ yang terletak paling bawah, pilih This Point Forward.

·         Klik ok, dan satu halaman terbagi menjadi dua seperti gambar dibawah ini. Tanpa mempengaruhi judul diatasnya.

0 komentar:

Posting Komentar